Bagaimana cara membersihkan setrika?

Menyetrika, kadang bisa sangat menjengkelkan, terutama saat setrika lengket atau kotor. Jika setrika lengket, pakaian akan menempel dan bukan menjadi licin dan rapi, malah akan menjadi kusut dan kotor. Jika setrika kotor, ya pakaian juga ikut kotor dan bisa lengket. Lalu, bagaimana cara untuk membersihkan setrika dari lengket dan kotor? Ada dua cara untuk membersihkan setrika dari kotoran/lengket.

Pertama, menggunakan daun pisang segar. Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan cepat terutama saat setrika lengket karena terkena sablonan atau bahan sintetis. Begini caranya:

  1. Ambil daun pisang segar secukupnya (kira-kira seukuran setrika lebih sedikit)
  2. Lap daun pisang dengan kain lap bersih agar daun pisang bersih dari kotoran
  3. Letakkan daun pisang di papan setrika (atau lantai jika takut kotor)
  4. Gosok-gosokkan setrika yang masih panas (jika setrika uap, pastikan tidak menggunakan uap) ke permukaan atas daun pisang hingga terasa licin kembali.

Jika anda kesulitan mencari daun pisang, teknik membersihkan dengan garam ini bisa membantu anda.

  1. Letakkan tisu handuk (tisu yang lebar dan sedikit tebal) atau kain lap bersih yang tidak lengket di setrika seperti yang terbuat dari kain flanel
  2. Taburkan garam di atas meja setrika yang sudah dilapisi
  3. Atur setrika ke temperatur maksimum (jika setrika uap, jangan gunakan uapnya)
  4. Setrika lapisan papan setrika tersebut dengan sedikit ditekan. Kotoran akan menempel di garam yang tadi anda taburkan

Dijamin, setrika anda kembali bersih…

About these ads

10 comments on “Bagaimana cara membersihkan setrika?

  1. bossnya mengatakan:

    Terima kasih tips nya mas gntong
    Saya minta izin untuk copy paste ke weblog ku ya.

  2. syelviapoe3 mengatakan:

    Hm…garam yang ditaburkan dan digosok dengan setrika itu bakal larut, khan (hancur…begitu ?) karena terkena panas dari setrika…

    Lalu gimana kotorannya akan lengket ?

    Mohon pencerahan

  3. gntong mengatakan:

    Hm…garam yang ditaburkan dan digosok dengan setrika itu bakal larut, khan (hancur…begitu ?) karena terkena panas dari setrika…

    Lalu gimana kotorannya akan lengket ?

    Mohon pencerahan

    Gak kok, kotorannya yang justru akan nempel di garam. Bisa dicoba kok…hehehe :D

  4. gntong mengatakan:

    Terima kasih tips nya mas gntong
    Saya minta izin untuk copy paste ke weblog ku ya.

    Silahkan, boleh kok, gratis… hehehe

  5. aprillins mengatakan:

    hehehe.. ada aja artikel kayak gini….
    from http://blog.aprillins.com yes this is aprillins aprillins aprillins!

  6. Vie.... mengatakan:

    barusan g & emba g (pembokat g) coba & ternyata berhasil. kotoran yg bikin lengket setrika g nempel di garam.
    Thanx yah tips-nya bermanfaat bgt.

  7. hindra mengatakan:

    Yg pake garem udah pernah nyoba..tetep aja setrika langket..
    klo mau di LEMBIRU aja jelas manjur (LEMpar BelI yang baRU)

  8. Indra mengatakan:

    saya sudah mencoba, tapi tidak berhasil

  9. Putriana mengatakan:

    Artiklnya sangat membantu.. ^__^
    Pagi2 bangun mau setrika baju suami, ternyata setrikanya terkena kotoran yang lengket melekat di setrika..
    Bingung..
    Langsung nanya mBah Gugel, dan ketemu Page ini..
    Kucoba memakai sarung Handuk, lalu pertama menggunakan Garam yang halus (halus karena dihancurkan, bukan garam meja ya.. ^__^)
    Tapi kurang berhasil. Akhirnya kuberi garam hancur yang lebih kasar. Dan memang ternyata kotorannya menempel pada garamnya, alias lepas sendiri. Tapi korban sapu tangan handuknya juga kotor.. (tapi gapapa.. dari pada harus lembiru (Lempar Beli Baru) setrika.. Karena, setrika yang lama menuruitku masih bisa dipakai kok ^__^ Thankyou sekali lagi ^___^

  10. saefudin mengatakan:

    itu garamnya dibawah handuk atau di diatas handuknya …..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s