Tips Membersihkan Monitor LCD

Banyak teman saya yang memiliki Laptop selalu mengeluh tentang LCD monitornya yang sering berdebu dan terdapat goresan. Ketika saya melihat cara mereka membersihkannya, saya melihat kebanyakan teman saya menggunakan cara yang salah dalam membersihkan monitor LCD-nya. Perlu diketahui, monitor LCD sangat berbeda dengan monitor CRT (monitor tabung biasa) sehingga cara membersihkannya juga berbeda dari cara membersihkan monitor CRT. Hal yang membuat LCD dan CRT sangat berbeda adalah LCD tidak dibuat dari kaca seperti CRT. LCD terbuat dari lapisan film yang mudah tergores, berdebu, dan kotor. Orang biasanya hanya membersihkan monitor LCD dengan air ledeng dan tisu/lap biasa seperti membersihkan kaca/monitor CRT. Akan tetapi, hal ini SALAH! Air ledeng biasanya mengandung Klorida yang bisa meninggalkan residu di layar LCD, sedangkan sembarang lap/tisu bisa menggores layar LCD yang sensitif.

Apa saja yang anda butuhkan? Untuk lebih amannya anda bisa menggunakan perangkat pembersih layar LCD (LCD Cleaner Kit) yang bisa dicari dengan mudah di toko peralatan komputer. Perangkat ini harganya bervariasi dari Rp 20.000 – Rp 150.000. Atau, jika anda cukup pelit :p, anda bisa menggunakan alat-alat beritkut:

  1. Lap kacamata atau lap chamois yang halus atau lap dari bahan katun yang lembut
  2. Cairan pembersih kacamata

Ingat, untuk lap yang digunakan, sangat disarankan lap yang khusus dan tidak digunakan untuk membersihkan barang lain. Sedangkan jika tidak punya pembersih kacamata, anda bisa menggunakan larutan campuran alkohol 70% dan air suling (atau air mineral) dengan perbandingan 1:2. Lalu bagaimana langkah-langkahnya?

  1. Matikan Laptop/Layar LCD anda. Pastikan kabel dicabut dari stopkontak untuk memastikan tidak ada listrik yang mengalir.
  2. Gunakan lap dari bahan berserat lembut seperti lap kacamata atau lap dari perangkat pembersih LCD yang kering, lalu sapukan dengan lembut ke layar LCD anda untuk membersihkan debu-debu kasar yang terlihat. INGAT, JANGAN DITEKAN!!! Jika anda memiliki kain microfiber, itu akan lebih baik.
  3. Lalu, semprotkan cairan pembersih LCD ke kain lap khusus dari perangkat pembersih layar LCD anda. Atau, bisa juga anda me LCD!!!
  4. Lap layar LCD anda dengan gerakan memutar. Lap dengan lembut dan jangan ditekan.
  5. Biarkan layar LCD anda kering. Jangan tutup layar monitor anda sebelum kering, karena bisa menimbulkan embun.
  6. Setelah benar-benar kering, anda bisa menghidupkan kembali layar LCD anda.

Agar layar LCD anda selalu bersih, pastikan anda membersihkannya secara berkala, sejarang-jarangnya satu minggu sekali.

Bagaimana, apakah artikel ini bermanfaat?

Iklan

38 comments on “Tips Membersihkan Monitor LCD

  1. unduk berkata:

    Terima kasih informasinya. Sangat membantu.

  2. andre berkata:

    Wah, gpp y pake alkohol???

  3. orangutanz berkata:

    wah thanks… berguna nih. Sebagai pengguna laptop pemula gw ga terllu tau gimana cara ngerawatnya.

  4. gntong berkata:

    gpp kok, tapi alkoholnya dicampur air murni (perbandingan alkohol:air=1:1 atau 2:1)

    Sama-sama…

  5. irra berkata:

    thanks infonya:)

  6. alemsaadi berkata:

    thank y atas petunjuknya. . . ..

  7. Capetown berkata:

    Tenkyu boss….

  8. Juan berkata:

    makasih banget ni infonya…
    thanks ya…

  9. […] MeRAwat PC Tips Membersihkan Monitor LCD […]

  10. yuda berkata:

    makasi infonya,
    saya mau tanya, kalo debo/kotorannya ada di dalam lcd, bukan di luar, gimana cara membersihkannya?

    thx b4

  11. tata berkata:

    boleh juga..

  12. harnie berkata:

    terima kasih ya.. atas Tifsnyapas banget nie Tqb4

  13. harnie berkata:

    terima kasih toek tifsnya

  14. dimas berkata:

    wah… thx nih infonya, sangat membantu

  15. wahyu fahrizal berkata:

    apakah debu atau goresan pada layar lcd bila di biarkan akan membuat kerusakan pada layar lcd

  16. jay berkata:

    wah!!! mau coba ah, mudah2an berhasil, karena layar LCD que dah mulai buram gara2 disemprot langsung pake pemberish LCD, by the way katanya pake minyak kayu putih juga bisa, asal jangan kebanyakan, benar gak mas…..ha..ha..ha…, tapi ini serius beneran…

  17. siyamadi berkata:

    terima kasih maklum banyak punya monitor lcd daku sih

  18. d'Margie berkata:

    wah thanks untuk articlenya.. tapi di sebelah ada yg bilang jgn pake alkohol?

  19. Hijan berkata:

    Thanks atas infonya yg pas udah kulakukan, terutama membasahi kain pembersih kacamata dengan semprotan pembersih. jadi bukan di monitor LCDnya. Thanks bro (sis?).

  20. wahyudi emha berkata:

    manjur banget boss tips nya. Thx ya

  21. Fine berkata:

    Mksh infonya………..

  22. fariz berkata:

    wih bermanfaat banget thank…sunuhun…!!!

  23. Deden Romada berkata:

    terima kasih infonya… sangat membantu….
    SUKSES SELALU UNTUK ANDA !!!

  24. ramonez berkata:

    klo bersihin LED jg sama bos?

  25. jepri berkata:

    berguna sekali ni….

  26. Istana Crocs berkata:

    Thank you boss, tipsnya bermanfaat sekali buat ane.

    Salam kenal ya dari kami crocs murah.

  27. lalu ahmad berkata:

    kalo ngebersihin bekas kaki serangga gimana soalnya aq rumahnya mewah (mepet sawah) jadi klo malam lcd gw jadi tempat dugemnya para serangga

  28. daniel berkata:

    tips nya bermantat sekali
    thanks

  29. rangga berkata:

    sangat bermanfaat….makasih gan….

  30. andar berkata:

    makacie ya atas petunjuk nya

  31. irwann berkata:

    terima kasih gan..langsung praktek.. 🙂

  32. Scanner Barcode berkata:

    Asikkkk… kinclong lagi dah monitor nya… mantab… makasih info nya Gan

  33. Stark berkata:

    pake cairan pembersih kacamata bisa emangnya ?
    btw nice info…

  34. aipelcomputer berkata:

    mending beli cairan pembersihnya saja. pakek alkohol buat monitor dan kacamata kok rasanya coba-coba gt

  35. Herbalis berkata:

    Kl pake air biasa bisa gk gan, thx b4..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s