Waspadai Jajan Sembarangan!

Anak usia sekolah rentan terinfeksi Entamoeba Hystolytica. Begitulah judul artikel kesehatan di Kompas edisi hari ini, Kamis 31 Juli 2008. Dalam artikel tersebut dikatakan infeksi parasit yang menyebabkan diare tersebut lebih rentan menginfeksi anak usia sekolah dibanding usia prasekolah karena kebiasaan jajan pada anak usia sekolah yang lebih tinggi.

”Satu penelitian menemukan, pada 97 persen penjaja makanan di pinggir jalan ditemukan satu atau lebih jenis parasit. E. hystolytica ditemukan pada 72 persen penjaja, Ascaris lumbricoides ditemukan pada 54 persen penjaja,” kata Rini saat mempertahankan disertasinya untuk memperoleh gelar doktor dalam Bidang Ilmu Kedokteran pada Universitas Indonesia di Jakarta, Selasa (29/7). (Kompas, 31 Juli 2008, hal. 13)

Entamoeba hystolyticaEntamoeba Hystolytica merupakan parasit yang sangat dominan menginfeksi manusia. Diperkirakan sekitar 50 juta orang terinfeksi parasit ini di seluruh dunia (wikipedia). Virus ini menginfeksi saluran pencernaan melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi, ataupun dari tangan yang kotor. Infeksi parasit ini bisa menyebar dari saluran pencernaan sampai ke saluran darah, pada tahap lanjut.

Infeksi parasit ini bisa menyebabkan disentri sampai radang hati. Gejala yang ditimbulkan jika telah terinfeksi adalah muntaber/diare, kehilangan berat badan, lesu, dan sakit perut. Dalam tahap lanjut, parasit ini mampu membiakkan diri di dalam dinding usus dan menyebar ke saluran darah sehingga mampu menginfeksi berbagai organ vital manusia, seperti hati dan paru-paru. Jika menyentuh hati, maka akan terjadi peradangan yang jika tidak segera ditindaklanjuti bisa menyebabkan kematian.

Parasit ini akan segera mati di suhu yang sangat tinggi dan suhu beku. Oleh karena itu, untuk mencegahnya menginfeksi, makanan dan minuman yang dikonsumsi harus sudah dimasak, atau jika ingin makan lalapan, bisa direndam di air panas selama beberapa menit terlebih dahulu. Karena kebersihan jajanan di luar sangat tidak terjamin kebersihannya, maka hindari sebisa mungkin untuk asal jajan di pinggir jalan. Serta biasakan anak anda untuk membawa bekal ke sekolah.

Sumber:

“Anak Usia Sekolah Rentan Terinfeksi ‘Entamoeba Hystolytica'”, Kompas 31 Juli 2008, hal. 13.

http://en.wikipedia.org/wiki/Entamoeba_histolytica

Technorati Tags: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s